Hormati Cara Orang Lain Membentuk Dunianya


Kita hidup, kita berinteraksi, dan kita memiliki pengalaman. apa yang membedakan antara orang yang satu dan yang lain?. Banyak hal yang membedakan baik dari ciri fisik yang tampak maupun karakteristik pribadi yang dimiliki.
Mungkin anda pernah menghadapi seseorang atau bahkan ada orang yang dekat dengan anda. anda beradu argumentasi saling mengajukan fakta mencari kebenaran. semua itu anda lakukan untuk menemukan pemecahan masalah. Lalu pernahkah anda berpikir. Mengapa orang ini tidak berpikir seperti yang saya pikirkan.
Sesuatu yang menurut anda merupakan hal yang begitu menyenangkan, sesuatu yang benar, belum tentu menurut orang lain itu merupakan hal yang menarik atau mereka anggap benar untuk dilakukan mengapa bisa. sementara mereka adalah sama, sama-sama manusia seperti saya.
disinilah letak pengalaman yang terbentuk pada diri orang yang berbeda-beda. kita tidak mungkin memaksakan apa yang kita pahami untuk dapat begitu saja langsung diterima oleh orang lain dengan mengedepankan ego kita. Kita memiliki pengalaman yang berbeda terhadap berbagai hal. itulah yang membuat kita berbeda dalam menetapkan suatu keputusan. Pengalaman itulah nantinya yang akan membentuk dunia orang masing-masing.
perbedaan dalam pengalaman maka berbeda dalam membentuk dunia. tidak ada orang di dunia ini yang memiliki struktur pengalaman yang betul-betul sama meskipun mereka adalah kembar identik yang tinggal dalam satu atap. Tetap saja mereka berbeda dalam pengalaman dan berbeda dalam membentuk dunianya.
Hal yang terbaik adalah kita menghargai bagaimana seseorang membentuk dunianya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s