Hubungan Indonesia-Jepang


Hubungan Indonesia Jepang ternyata dimulai tidak hanya pada awal perang dunia kedua saja akan tetapi jauh sebelumnya telah ada hubungan. Hubungan perdagangan antara Jepang dengan tanah Eropa secara otomatis juga melibatkan perdagangan di Indonesia. pada awal abad ke 18 bangsa Jepang menjalin hubungan perdagangan yang juga melibatkan bangsa Indonesia.

Kedatangan bangsa jepang sendiri melalui gerbang yang dibuka oleh bangsa Singapura yang selanjutnya melalui gerbang tersebut armada jepang mulai menyebar luas ke berbagai wilayah di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia akan rempah-rempah seperti pala, cengkeh, dan berbagai rempah-rempah lainnya memancing pemerintahan jepang untuk menerapkan kesepakatan perdagangan yang menurut bangsa Indonesia memberatkan sedangkang bagi orang-orang Jepang wajar-wajar saja. Bahkan menurut salah seorang peneliti dalam sebuah seminar yang dilaksanakan pada tangga 21 Juli 2009 di Hotel Clarion Makassar Bangsa Jepang banyak membantu dalam pencapaian kesejahteraan pangan di Indonesia.

Berbagai peninggalan seperti surat-surat administrasi mengenai kebijakan tersebut ternyata masih dapat ditemui di masyarakat terpencil atau pedesaan di Indonesia. Sebagai tanda bukti akan adanya berbagai kebijakan yang diterapkan oleh bangsa Jepang di Indonesia.

Perang telah usai, akan tetapi sejarah tetaplah sejarah. Kita di saat ini dapat merangkai sejarah yang lebih baik untuk masa yang akan datang akan baiknya pembangunan yang dilandasi kerjasama yang saling menguntungkan. Hubungan antara orang Jepang dan Indonesia tidak hanya sebatas perang, tetapi jauh dari itu. Orang Jepang dan Indonesia telah banyak melakukan hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, keseniaan, teknologi dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s