Gangguan Psikologi


Gangguan psikologi merupakan gangguan yang kerap kali tidak disadari oleh penderitanya. Adakalanya seseorang merasa enggan untuk mengakui bahwa dirinya memiliki gangguan psikologis yang dimana penanganannya memerlukan bantuan seorang psikolog atau psikiater. Ada banyak orang yang telah mengalami penderitaan fisik yang diakibatkan oleh gangguan psikologi yang dialaminya. Gangguan semacam ini sudah merupakan gangguan somatoform. Penderitanya terkadang harus berulang kali mengunjungi paramedis agar dapat menyembuhkan berbagai simptom yang dialaminya akan tetapi tidak memperhatikan sumber dari masalah kesehatan yang dialaminya.

Ketidak sadaran inilah yang akhirnya mengantarkan populasi penderita psikologis semakin meningkat. Para ahli psikologis telah meramalkan bahwa di tahun 2020 pembunuh nomor dua di dunia akan ditempati oleh gangguan psikologis setelah penyakit jantung. Faktor lain yang semakin memicu hal tersebut adalah adanya kesadaran masyarakat yang menganggap bahwa gangguan psikologis merupakan hal yang tabu, sehingga yang diperhatikan dalam penanganannya hanyalah gejala fisik yang dimunculkan oleh gangguan psikologis tersebut.

Faktor penyebab gangguan psikologis secara umum terdapat pada masyarakat atau bentukan lingkungan sosial seseorang. Lingkungan sosial merupakan faktor yang secara umum dapat mempengaruhi berbagai keadaan psikis seseorang. Perkembangan pola pikir dan emosi seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh obat-obatan atau hal-hal lain yang sudah menjadi bawaan sejak lahir akan tetapi juga dipengaruhi oleh setting sosial dimana orang-orang tersebut berada.

One response to “Gangguan Psikologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s