Gangguan Somatoform


Somatoform

somatoform merupakan gangguan psikologis yang menyebabkan terganggunya fungsi fisik tertentu pada seseorang. gangguan ini muncul dalam empat bentuk gangguan yang kesemuanya memiliki hubungan dengan terganggunya fungsi fisik tertentu. adapun bentuk gangguan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gangguan konversi

merupakan bentuk perubahan yang mengakibatkan adanya perubahan fungsi fisik yang tidak dapat dilacak secara medis. gangguan ini muncul dalam konflik atau pengalaman traumatik yang memberikan keyakinan akan adanya penyebab psikologis.

2. Hipokondriasis

terpaku pada keyakinan bahwa dirinya menderita penyakit yang serius. Ketakutan akan adanya penyakit terus ada meskipun secara medis telah diyakinkan. Sensasi atau nyeri fisik biasa sering diasosiasikan dengan gejala penyakit kronis tertentu.

3. Gangguan Somatisasi

Keluhan fisik yang muncul berulang mengenai simtom fisik yang tidak ada dasar organis yang jelas. Gangguan ini menyebabkan seseorang untuk melakukan kunjungan medis berkali-kali atau menyebabkan hendaya yang signifikan dalam fungsi.

4. Gangguan Dismorfik Tubuh

Terpaku pada kerusakan fisk yang dibayangkan atau berlebih-lebihan. Menganggap orang tidak memperhatikannya karena kerusakan tubuh yang dimilikinya (dipersepsikannya). Gangguan ini akan membawa seseorang pada perilaku kompulsif . seperti berulang-ulang berdandan. dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s